Sabtu, 02 April 2016

earphones, headphone, headset, dan handsfree

Alunan nada indah yang terdengar pun dapat membahayakan

Daripada saya stress memikirkan keberuntungan yang belum berpihak ke saya dalam mendapatkan ticket konser musik di Miami, mendingan saya menulis lagi di blog ini.
Tulisan saya minggu kemarin adalah “Dalam Balik Kemasan Si Bubur Putih Yang Menghawatirkan”. Dan sekarang saya akan menulis tentang “Alunan nada indah yang terdengar pun dapat membahayakan”.
IPTEK yang sudah melanda bumi ini yang telah memberi kemudahan dalam segala aktivitas dalam sehari-hari untuk manusia. Yang menurut Adolf Portman, secara biologis manusia yang dipandang sebagai premature, karena manusia tidak memiliki daya penyesuaian terhadap lingkungan secara alami. Manusia yang tidak dapat bertahan hidup sendiri (makhluk sosial). Merupakan kekurangan dalam kemampuan manusia untuk menciptakan suatu lingkungan tiruan yang bentuknya beraneka ragam. Dalam hal ini manusia dibekali teknik untuk membuat lingkungan menjadi cocok dengan dirinya, sehingga muncul kebudayaan manusia sebagai hasil abstraksi manusia terhadap lingkungan dan permasalahannya. Meskipun tinggi tingkat kemampuan berabstraksi, makin tinggi pula kebudayaan orang atau bangsa tersebut.
Teknik secara umum diartikan sebagai alat perlengkapan dan metode membuat sesuatu. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Terdapat beberapa proses teknik yaitu:
a. Fase Teknik Destruktif, yaitu untuk memecahkan segala masalah dan kebutuhannya. Manusia yang mengambil dari alam, dan tidak adanya usaha untuk mengembalikannya ke alam.
b. Fase Teknik Konstruktif, yaitu masyarakat telah mampu melakukan penciptaan, sehingga menghasilkan kebudayaan baru yang sebelumnya tidak terdapat di alam. Yang selalu bermodalkan alam sekitarsehingga merupakan “the second nature (alam kedua)”
c. Fase Modern, yaitu merupakan puncak perkembangan teknik yang telah dicapai manusia.
Beberapa tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya, yaitu:
a. Teknologi Tinggi (High-tech), yaitu jenis teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru (misalnya: komputer, laser).
b. Teknologi Madya, yaitu jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat lebih sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan. Cirinya: tidak memerlukan modal yang terlalu besar, dan tidak memerlukan pengetahuan baru.
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan.
Beberapa Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan, yaitu:
1. Adat Istiadat
2. Profesi
3. Agama
4. Alam dan Peradaban
5. Usia
6. Hobi
7. Status Sosial dan Ekonomi
Salah satu kebutuhan yang dibutuhkan manusia adalah kebutuhan sekunder.
Apakah pengertian kebutuhan sekunder?
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer terpenuhi. Adapun kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dalam rangka mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.
Salah satu contoh kebutuhan sekunder adalah headphone. Headphone merupakan salah satu penyuara telinga (bid. Fisika dan Elektronika) / fon telinga (bid. Elektronika) /peranti dengar (bid. Komunikasi Massa) / pelantang telinga (bid. Umum) adalah sepasang alat pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga dan yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara.
Singkat sejarah Headphone
Berawal pada tahun 1910 yang dibuat oleh Nathaniel Baldwin. Ia adalah seorang montir listrik dan operator kompresor udara, sebelumnya ia sebagai mahasiswa di Stanford University. Banyak orang yang belum membutuhkan headphone karena seperti layaknya penemu-penemu pada zaman itu akhirnya ia menjual ke United States Navy. Pada tahun 1919 sensitive airphone digunakan umumnya untuk radio. Keadaannya belum sebagus sekarang. Gangguan atau noise masih banyak dan kualitas suaranya pun masih kasar atau mentah. Sebelumnya, Amerika Serikat yang mengetahui teknologi penemuan Baldwin itu langsung menggunakan penemuannya, memproduksi 100 buah headset ketika Perang Dunia ke-1 untuk komunikasi dengan pilot. Sehingga pada masa itu produksi headset ditujukan untuk penerbangan.
Masyarakat semakin sadar atas teknologi ini, pada tahun 1961 pilot-pilot memakai headset karena ringan dan nyaman. Headset pertama kali digunakan untuk pesawat telepon pada tahun 1970. Di tahun 1986, terdapat teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan headset untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan. Ketika itu, juga terkenal produksi ear canal earphones dengan active noise control untuk pertama kali. Setelah itu, hanya alat sensitive earphone tersebut satu-satunya cara untuk mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan.
Pada awal 2000, bersamaan dengan berkembangnya telepon selular, headset jenis nirkabel berbasis teknologi Bluetooth mulai populer dipakai. Selain itu earphone dan headphone pada tahun yang sama, menjadi digemari untuk alat musik pribadi. Dahulu ketika menggunakan radio, headset atau earphone dan headphone harus disambungkan ke terminal baterai yang bertegangan volt tinggi dan terminal baterai di tanah. Penggunaan koneksi listriknya pun tidak nyaman bagi pengguna karena menggagetkan.
Sekarang banyak sekali orang-orang memakai alat untuk mendengarkan musik/komunikasi seperti earphones, handsfree, headset, dan headphone. Tetapi kerap kali orang bingung membedakan antara earphones, handsfree, headset, handset dan headphone. Beberapa orang sesuka hati menyebut yang mana saja, padahal yang sebenarnya memiliki arti dan kegunaan yang berbeda.
Perbedaan earphones, headphone, headset, dan handsfree, yaitu:
  • Earphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga. Earphone dapat digunakan untuk hiburan seperti CD, DVD player, home theater, video games, computer, dll. Juga digunakan di portable device seperti digital audio player/ mp3 player, handphone, dll. Earphone juga digunakan untuk di stasiun-stasiun TV sebagai alat pengantar pesan dari direktur acara/ atasan ke presenter/ kru TV lainnya/ bawahan. Sehingga komunikasi tercapai tanpa didengar pihak-pihak lain.
  • Headphone mempunyai arti yaitu sepasang (dua buah) earphone yang mumpunyai bando yang dikenakan dikepala. Headphone ini hanya dapat digunakan untuk mendengarkan musik/ suara, dan tidak bisa untuk berkomunikasi.
  • Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon.  Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular.
  • Handsfree adalah suatu peralatan menggambarkan sifat yang dapat digunakan tanpa menggunakan tangan (misalnya melalui perintah suara) atau, dalam arti yang lebih luas peralatan yang membutuhkan hanya menggunakan tangan terbatas, sehingga tangan bisa menyibukkan diri dengan tugas lain. Atau dalam pengertian lain yaitu perangkat yang terdiri dari earphone dan microphone dimana terdapat fungsi kontrol didalamnya. Misalnya untuk menjawab panggilan telepon, memulai memutar musik atau yang lainnya sehingga pengguna tidak langsung menyentuh ponsel. Handsfree dapat berupa koneksi nirkabel (bluetooth) atau menggunakan kabel.
Headphone mempunyai manfaat bagi si pemakai.
Alunan nada indah yang terdengar pun dapat membahayakan
Alunan nada indah yang terdengar pun dapat membahayakan
Manfaat /Dampak positif dari headphone, yaitu:
  1. Dapat mendengarkan suara/ musik secara bebas.
  2. Bisa dengan berapapun tingkat volumenya atau mendengarkan suara apa saja, kapan saja, dan dimana saja.
  3. Privacy masing-masing individu pun terjaga.
  4. Kedap suara. Suara dari luar tidak masuk mengganggu dan demikian pula sebaliknya.
  5. Mudah dibawa kemana saja (simple).
Tidak hanya manfaat yang terdapat dari headphone. Headphone juga dapat menimbulkan kerugian pada kesehatan anda, jika dipakai secara berlebihan atau pada kejadian tertentu.
Kerugian / dampak negatif dari headphone, yaitu:
  1. Menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran atau tuli. Apabila digunakan dengan diset/dipasang sekeras-kerasnya untuk ‘melawan’ kegaduhan dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/ bising. Ini sangat berisiko tinggi.
  2. Telinga terasa panas dan berdengung hebat. Setelah mencabut headphone
  3. Keseimbangan badan pun bisa kacau karena tekanan udaranya memengaruhi keseimbangan badan ketika kita menggunakan headphone di jalan
  4. Menyebabkan ketidakfokusan (saat berjalan/menyebrang)
Adapun cara menggunakan headphone dengan benar agar tidak menimbulkan-menimbulkan dampak pada headphone.
Cara menggunakan headphone yang baik/ benar:
  • Pilihlah earphone yang paling cocok dengan telingamu. yang nyaman saat dipakai.
  • Jangan pasang volume pada maksimal
  • Gunakan earphone sesuai kebutuhan
  • Jangan gunakan di tempat bising (ribut/ramai)
Seperti yang diuraikan dia atas teknologi yang berkembang sekarang mempunyai dampak positif maupun negatif. Karena itu hendanknya teknologi secara efektif mampu memerangikemiskinan, keterbelakangan, dan menjamin kemajuan bagi bangsa manusia. Manusia juga perlu menyadari bahwa orang menciptakan sesuatu bukan untuk menghancurkan, melainkan untuk kesejahteraan umat.
Bagaimana dengan informasi tentang Headphone diatas??
Jika terdapat kata-kata yang kurang ataupun salah mohon dimaafkan dan juga mohon dibenarkan sebagaimana mestinya. Dengan menuliskan komentar anda.
Komentar/ opini anda sangat dibutuhkan, agar saya dapat membuat tulisan yang benar dan lebih baik lagi dari sebelumnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar